SMK Penerbangan Nasional Batam (Terakreditasi A) merupakan SMK Penerbangan pertama di kota Batam dan provinsi Kepulauan Riau yang berdiri pada tanggal 07 Agustus 2011. Berlokasi di Jalan Komplek Pendidikan dan Wisata Maritim Kelurahan Tanjung Buntung Kota Batam, SMK Penerbangan Nasional Batam berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Maritim Peta Nasional Batam, yang juga menaungi SMK Pelayaran Nasional Batam (Maritim) yang berdiri lebih awal. Sebagai satu-satunya SMK Penerbangan yang mendapat akreditasi A di Kepri, SMK Penerbangan Nasional didukung oleh sistem ketarunaan yang baik, sistem pendidikan sesuai dengan kurikulum yang berlaku, tenaga pendidik yang profesional dan bersertifikat, serta sarana prasarana pendukung lainnya guna memenuhi kompetensi Airframe Powerplant yang ditawarkan kepada taruna/i.

Dengan semboyan SATYAWADI MITUHU ADHIRAJASA (Taruna harus memiliki sikap Jujur, Disiplin dan Tangguh) SMK Penerbangan Nasional Batam menawarkan pengalaman belajar tentang dunia kedirgantaraan yang up to date dan relevan dengan kondisi terbaru. Sejak awal berdiri, SMK Penerbangan Nasional Batam telah bekerjasama dan didukung oleh lembaga terkait seperti Pangkalan Udara TNI AL (LANUDAL) dan WING 1 TNI AL Tanjung Pinang. Untuk menunjang kompetensi taruna/i di bidang teknik mesin pesawat, taruna/i dibimbing oleh Penerbang dan Teknisi TNI AL Tanjung Pinang dan Mekanik dari maskapai Lion Air. Sedangkan dalam pendidikan dan sertifikasi, SMK Penerbangan Nasional Batam bekerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Nurtanio Bandung, Politeknik Batam Aero serta LANUDAL Tanjung Pinang dalam hal pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan Uji Kompetensi Kejuruan (UKK).

Pembelajaran produktif Airframe Powerplant di SMK Penerbangan Nasional Batam akan didukung dengan adanya sumbangan pesawat Nomad dari LANUDAL Tanjung Pinang dan untuk pendidikan dan pelatihan akan dibimbing oleh Perwira Penerbang dan Teknisi TNI AL Tanjung Pinang serta Mekanik maskapai Lion Air Group. Pada tingkat 2 akan Taruna/ i akan melaksanakan PKL di LANUDAL selama tiga bulan dan tinggal di mess. Di tingkat 3, untuk pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian akan dilaksanakan di Politeknik Negeri Batam.

SMK Penerbangan Nasional Batam senantiasa meningkatkan kualitas lulusan. Untuk taruna/i yang berminat melanjutkan diklat di bidang dirgantara, maka sekolah akan mengarahkan taruna/i untuk mengambil sertifikat A1-A4 yang berlaku Internasional dan dapat diambil dengan menempuh pendidikan di kampus yang bekerja sama dengan sekolah. Selain itu, untuk taruna/i yang tidak melanjutkan di bidang dirgantara, saat ini para alumni telah tersebar dan bekerja di Garuda Maintenance, Lion Air Group, Polisi Udara, Brimob, Marinir, Entrepreneur, dll. Serta banyak juga yang melanjutkan pendidikan di Universitas Nurtanio Bandung, Politeknik Batam, STTA Jogja, STTKD, Universitas Negeri Jakarta, dan Sekolah Pilot.

SMK Penerbangan Nasional SIAP, JUJUR, DISIPLIN, TANGGUH!